Jumat, 22 Maret 2019

Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Form + Gambar

Dewa IlmuVisitSingapore.comVisitSingapore.com

Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Form + Gambar


Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Form + Gambar – Sebagai seorang blogger tentu saja kita harus bisa mengolah dan mengoptimasi blog sebagus mungkin agar mendatangkan banyak pengunjung. Nah demi hal itulah kadang kita menggunakan tools dan software yang berbahaya seperti bot autovisitor yang tentunya tidak baik untuk diri sendiri dan blog kita.
Banyak cara manual dan alami yang bisa kita gunakan untuk menjaring visitor sebanyak mungkin, salah satunya dengan memanfaatkan salah satu tools gratis milik raksasa internet google yakni google forms. Anda tau google forms itu apa? Pasti banyak yang tidak tau.
Anda yang sering browsing pasti pernah menjumpai situs yang mewajibkan untuk mengisi formulir seperti nama, umur, gender, pekerjaan, penghasilan perbulan dan lain sebagainya. Nah itu adalah sebuah formulir online dan biasanya bisa dijumpai pada situs paid survey. Ngomong-ngomong tentang paid survey, berikut cara mendapatkan uang dari survey online terpercaya.
Formulir seperti itu dapat kita buat dengan memanfaatkan salah satu tools milik google ini. Penggunaan google forms ini sudah sangat populer dan bahkan bisa digunakan untuk skala besar, seperti :
  1. Forum Diskusi.
  2. Mengumpulkan Data Peserta.
  3. Registrasi Online.
  4. Riset.
  5. Survey Online.
  6. Dan Lain Sebagainya.
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari menggunakan tool google docs ini, beberapa manfaatnya yakni dapat menghemat sumber daya alam seperti kertas yang terbuat dari serat kayu, dan menghemat biaya pengeluaran seperti membeli kertas, tinta, dan listrik hanya untuk membuat sebuah formulir.
Perlu diketahui bahwa google forms ini sudah diintegrasikan dengan google drive. Selain google forms sebenarnya banyak tools lainnya yang sudah diintegrasikan dengan google drive, seperti google docs, google sheets, google slides, google drawing dan tools lainnya. Hanya dengan satu layanan google drive, anda dapat membuka layanan lainnya.
Saat ini google drive mendukung penyimpanan 15GB secara gratis, untuk membuat formulir kayaknya gak bakal habis 15GB ini ya. Dan karena google forms ada di dalam  google drive, otomatis kita harus login dulu ke google drive dengan akun google anda, jika belum punya silahkan buat dulu. Jika sudah membuat silahkan ikuti cara membuat kuesioner di google form ini.

Cara Membuat Formulir Online + Gambar

  1. Login dulu di google drive dengan akun google milik anda. Untuk situsnya bisa anda ketik di pencarian dengan kata kunci “google drive”, dan pada hasil pencarian teratas klik website nya untuk masuk.
  2. Pada homepage google drive nanti tampilannya seperti inigoogle drive homepage
  3. Nanti klik “Go to Google Drive”. Jika anda bingung menggunakan bahasa inggris, anda bisa menggunakan bahasa indonesia. Ini akan biasanya otomatis tersetel ke bahasa indonesia jika email anda didaftarkan di negara indonesia.
  4. Setelah anda berhasil masuk ke dashboard google drive, nanti akan ada banyak menu dan submenu, namun anda hanya perlu fokus ke pojok kanan atas kemudian klik Baru > Lainnya > Google Formulir. Lihat Gambargoogle forms
  5. Lalu anda akan diarahkan ke tampilan default google forms, berikut contoh google form yang belum jadihomepage google forms
  6. Anda bisa memulai cara membuat formulir online dengan memberi judul yang diinginkan, selain itu anda bisa memilih opsi dan bentuk formulir yang telah disediakan.
  7. Untuk memilih jenis formulir, anda bisa tarik turun pada pilihan ganda dan pilih jenis formulir yang diinginkan.
  8. Disini saya akan memberi contoh google form dengan pilihan ganda. Jika anda ingin memberi judul, beri judul yang anda inginkan seperti “Agama”, lalu pada opsi anda bisa memasukkan pilihan jawabannya seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Dan lain sebagainya seperti gambar di bawah inigoogle form example
  9. Nah begitulah model dari formulir online yang saya buat, ingat ini hanya formulir versi pilihan ganda. Anda bisa mengganti versi pertanyaan sesuai yang diinginkan di samping kanan tulisan pilihan ganda lalu tarik turun.
  10. Jika pertanyaan yang anda inginkan lebih dari satu maka klik tombol seperti pada gambar di bawah, maka nanti akan muncul form pertanyaan baru.add new question google form
  11. Untuk mengganti tema background agar terlihat lebih manis klik pada “Palet Warna“, nanti akan ada pilihan warna, nah pilih warna yang anda inginkan.
  12. Setelah selesai membuat form dan menyempurnakannya, kemudian klik tombol Kirim /Submit di samping kanan atas.
  13. Cara Membuat Formulir Online akhirnya selesai sampai disini.
Tinggal proses penyebarannya saja nah disini untuk menyebarkannya anda bisa menyebarkan melalui media sosial seperti facebook, google+, twitter dan lain sebagainya.

Untuk Cara Menyebarkan Formulir Online Ini Yakni

  1. Setelah anda berhasil mengirim formulir tadi, maka akan ada form baru seperti inishare form
  2. Disitu ada link to share, copy kode tersebut lalu paste ke berbagai media sosial dan forum.
  3. Selesai.
Jika anda memiliki sebuah blog, ini bisa menjadi keuntungan ganda karena selain bisa membagikan formulir melewati media sosial, anda juga bisa membagikannya melalui website anda. Untuk caranya yakni sebagai berikut.

Cara Memasang Formulir Online Di Blog

  1. Setelah cara membuat kuesioner di google formAnda harus mencari kode embed formulir, caranya yakni lihat pada gambar berikutembed link
  2. Klik pada tulisan embed, maka akan muncul lagi halaman baru seperti iniembed
  3. Pada embed code, copy kode yang ada dalam kotak tersebut dan letakkan di postingan blog anda. Atau di tempat lain yang anda suka. Ingat, untuk menjalankan kode tersebut selalu paste pada mode HTML. Jika berhasil, maka hasilnya seperti contoh diatas. Pada blogspot anda bisa edit html, sedangkan pada wordpress buka Tampilan > Editor, kemudian paste ke file style.css.

Lantas Bagaimana Cara Melihat Hasil Google Form?

  1. Untuk melihat semua data hasil pengisian kuesioner, maka masuk pada google drive kemudian pilih google spreadsheet.google spreadsheet
  2. Kemudian pilih view response seperti pada gambarview responses
  3. Cara melihat hasil google form yang sudah jadi sangat mudah kan? tentu saja anda semua pasti bisa
  4. Cara membuat kuesioner di google form sepenuhnya telah berhasil anda lakukan.
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membuat formulir dengan google forms ini karena selain gratis, dapat menghemat sumber daya. Itu saja mungkin yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat formulir online dengan google forms, semoga bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar